Alat-Alat Yang Harus Selalu Ada Di Rumah Untuk Perbaikan Darurat

Alat-Alat Yang Harus Selalu Ada Di Rumah Untuk Perbaikan Darurat

Bingung memilih Alat-Alat Yang Harus Selalu Ada Di Rumah Untuk Perbaikan Darurat? Meski sebagian orang mengesampingkan peralatan atau perkakas ini sebagai penunjang keperluan rumah tangga, tak jarang faktor pengetahun dan budget minim menjadi hambatan paling utama.

Walau begitu, anda setidaknya harus menyiapakan peralatan standar agar pekerjaan rumah dapat ditangani segera baik saat kondisi darurat alias sangat dibutuhkan atau tidak. Terlepas dari basic sebagai ahli dalam bidang bangunan, berikut ini saran terbaik alat-alat yang memang wajib dimiliki dan berada di rumah.

Alat-Alat Yang Harus Selalu Ada Di Rumah Untuk Perbaikan Darurat

1. Obeng

Merupakan alat tangan yang seringkali digunakan untuk membuka sekrup. Jenisnya pun bermacam-macam mulai dari obeng positif, obeng negatif, offset obeng, spiral test pen dan kombinasi obeng mesin.

Tak heran, bagi sebagian orang alat ini wajib ada dalam rumah demi berbagai macam keperluan. Bahkan saat ingin membuka mur di bagian jendela atau pintu saja sudah pasti memakai obeng kan?

2.Palu

Hammer atau palu mungkin dianggap hanya barang biasa. Tapi, jangan salah perananya cukup penting dalam rumah tangga, tukang kayu hingga tukang batu. Seperti pada umumnya, digunakan untuk mengencangkan paku, memukul beberapa benda lain supaya kuat saat menempel ke dinding.

Ada banyak jenis palu antara lain palu bodem, palu kakatua, palu lancip dan palu karet. Dan tentu saja masing-masingnya memiliki peranan sendiri sehingga anda dapat menyesuaikan kebutuhan.

3. Tang

Pasti tidak asing lagi dengan Tang kan? Ya, alat ini biasanya dikombinasi dengan alat lain untuk keperluan memegang benda kerja, memotong atau memuntir benda tumpul hingga yang tajam. Adapun jenisnya ada tang pembulat (membuat mata itik), tang pemotong (memotong kawat, besi, tembaga), tang pemegang (memegang benda kerja dengan mulut lebarnya) serta tang kakak tua (dipakai menjepit dan mencabut paku).

4. Kunci inggris

Keberadaan kunci inggris  cukup diperlukan saat berada dalam kondisi darurat. Terutama bagi anda yang tak ingin merogoh kocek berlebih, maka dengan membeli kunc ini semua akan bisa terwakili.  Misalkan untuk membuka atau mengencangkan baut (mur) tanpa harus memiliki kunci pas. Tapi, tentu saran terbaik adalah melengkapinya bersama kunci ring atau kunci shock.

5. Gergaji tangan

Adanya gergaji tangan akan semakin mempermudah kegiatan anda saat memotong benda-benda berat atau besar yang terbuat dari logam, alumunium da benda-benda lain. Umumnya, memiliki mata pisau bergerigi, berbahan plat baja fleksibel serta pegangan di bagian belakang.

6. Gunting

Ternyata peranan gunting lebih baik daripada pisau sehingga keberadanyaa wajib untuk keperluan di dalam rumah atau saat darurat. Ketika memotong kertas, plastik, plat, kain, tali, kabel semuanya butuh yang namanya gunting.

Karena fleksibel, anda juga bisa memanfaatkannya sebagai alat pemotong rambut tidak seperti pisau gunting punya 2 sisi yang lumayan tajam.

7. Pompa angin

Mungkin banyak orang menyepelekan pompa angin, padahal saat keadaan darurat seperti ban motor kempes maka ia akan menjadi solusi terbaik. Disamping itu, perananya cukup penting untuk membersihkan saluran yang tersumbat, membersihkan debu AC, menggelembungkan pelampung atau balon.

Nah, di era modern sekarang ada beberapa jenis pompa termasuk manual dan otomatis. Silahkan pilih diantara keduanya dan sesuaikan dengan kebutuhan pribadi masing-masing.

8. Tangga

Hampir di setiap rumah, pabrik, perkantoran pasti ada tangga karena termasuk bagian perkakas yang sangat berguna. Misalnya saat anda ingin memperbaiki atap bocor, maka dibutuhkan tangga untuk naik ke atas kemudian ketika ingin mengganti bohlam lampu hingga finishing mengecat tembok terutama di bagian-bagian yang sulit terjangkau.

9. Senter

Meski bentuknya kecil senter merupakan sumber cahaya darurat sebagai penerangan utama. Dengan kata lain, anda bisa memanfaatkan saat kondisi apapun entah mati lampu, ketika ingin membetulkan instalasi listrik dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, orang-orang menggolongkan senter termasuk satu dari banyak Alat-Alat Yang Harus Selalu Ada Di Rumah Untuk perbaikan Darurat. Pun dalam konteks rumah tangga, serikali digunakan untuk menerangi pekerjaan dalam gelap.